Monday, February 22, 2016

Apa itu Akhlak? Apa itu Sopan Santun?

Standard
Akhlak & Sopan Santun
Apa namanya jika seorang murid menghormati gurunya, menyalami, kemudian mencium tangannya?

Akhlak dan sopan santun seperti kapal laut dan bayangannya yang dipantulkan oleh air. Sama, bahkan bentuk dan warnanya serupa, hanya saja, gambar yang ditampilkan terbalik dan sedikit bergelombang.

Ada perbedaan yang amat mendasar antara akhlak dan sopan santun. Akhlak merupakan sikap bawaan, perilaku yang sudah melekat ada pada dalam diri yang dibawa pada perilaku sehari-hari. Seperti asal katanya "khalaqa", ciptaan. Akhlak merupakan suatu berkat yang diberikan oleh Allah Swt. kepada seseorang, sehingga akhlak itu tersimpan dalam hati, pikiran, dan perilakunya.

Sedangkan sopan santun adalah sikap yang dibuat oleh kehendak hati manusia sendiri, terlepas itu dari hati nurani ataupun keinginan semata. Sopan santun ialah perilaku terhormat dari seseorang kepada orang-orang tertentu sahaja, tidak terikat dalam setiap teindakan dalam kehidupan sehari.hari.

Lalu, pertanyaannya. Apa namanya jika seorang murid menghormati gurunya, menyalami, kemudian mencium tangannya?

Sopan Saantun.

Mengapa? Karena sopan santun itu belum bisa membuktikan akhlak. Bayangan di atas genangan air belum tentu bisa membukatikan ada benda dipermukaan air. Sopan santun itu merupakan perilaku yang dibuat untuk menghormati seseorang, bukan semua orang. Sedangkan akhlak merupakan perilaku yang terlahir memang dari bawaannya, bukan hanya kepada guru saja menghormati, tetapi kepada semua orang, siapapun itu.

Inilah batasan antara keduanya, akhlak lebih luas jika dibandingkan dengan sopan santun. Karena sopan santun hanya sebagian kecil dari akhlak.

Lalu, apakah akhlak tidak bisa dimiliki semua orang?

Tentu saja bisa.

Akhlak ialah karunia Allah Swt bagi setiap hamba yang diciptakannya, jadi semua orang mempunyai akhlaknya, hanya saja apakah orang itu mau menggunakannya atau hanya mengandalkan sopan santunnya saja.

Pelajaran singkat dari, Prof. Dr. Yunasril Ali
Ditambahkan sedikit pemahaman penulis.
Lokasi: South East Asia

2 comments:

Kritik dan saran yang membangun sangat diperlukan